TREN BISNIS ONLINE 2017

Loading...
Saya pilah dan rangkumkan data yang saya dapatkan, agar kawan-kawan mudah memahaminya. Keterangan dan terjemah ada di masing-masing gambar.

Online bukanlah tren,tapi masa depan.

Audiens lebih banyak menghabiskan waktu di internet, dibanding TV (konven).

Audiens lebih banyak menghabiskan waktu di internet, dibanding TV (konven).

Spot promosi yang paling potensial adalah socmed yang dibuka di hape (smartphone).

Facebook ‘masih’ menjadi alat iklan tercanggih, tokcer dan murah.

Usia produktif target pasar di facebook adalah 18 - 34 tahun.


Tren iklan adalah berbasis video.

Tren iklan adalah berbasis video.

Retail online di Indo, masih dibawah 2% dari total belanja retail,namun pertumbuhannya sekitar 20 - 40 persen pertahun.

Retail online di Indo, masih dibawah 2% dari total belanja retail,namun pertumbuhannya sekitar 20 - 40 persen pertahun.

TREND 2017 (Versi Hootsuite)

Terjemahan Gambar (terjemah by Ayu Naya Nobella) :
Media sosial telah menyaingi mesin pencari dalam hal pencarian data.
Mesin pencari memang masih menjadi alat utama untuk menolong konsumen dalam mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa, namun sosial media lebih unggul terutama dikalangan konsumen muda.

Social commerce merupakan masa depan yang menjanjikan.
Belakangan ini social commerce menjadi tren, namun adanya penyesuaian APAC, perubahan algoritma dan penambahan fitur di instagram maupun pinterest berdampak pada perubahan perilaku konsumen yang sangat pesat di media sosial.

Kemunculan DARK SOCIAL.

Dark social semakin menjadi dikarenakan penggunaan aplikasi mobile dan online chatting yang semakin marak. Dark social merupakan isu yang penting untuk dipelajari oleh para marketers. Jika marketers hanya mengukur traffic sosial dengan menggunakan metode analitik web yang tradisional, maka Anda akan kehilangan banyak informasi. Karena social traffic mempunyai lebih banyak value didalamnya yang harus dianalisis dengan lebih dalam.

- Organisasi tergantikan oleh tenaga kerja yang terhubung.

Perusahaan Mulai Menerapkan Sistem Tenaga Kerja yang Terhubung:

Semakin banyak perusahaan yg melakukan investasi dalam hal online. Mereka memberikan training advokasi, social selling, dan skill digital kepada tenaga kerjanya untuk membuat online reach perusahaannya semakin pesat dan dapat mempengaruhi konsumen dengan lebih baik (secara online).

Note:

Dark social adalah istilah yang mengacu pada sumber trafik yang tidak bisa di analisis oleh analytic tools. Analytic tools hanya bisa membaca traffic source dari: mesin pencari, link referal, dan sosial media. (ketiga sumber ini terukur)

Sekarang, orang lebih sering menggunakan online messaging (line, wa, telegram)
untuk berkomunikasi dan sharing konten online, salah satunya adalah sharing link URL di ruang chatting. Nah, sumber trafik dari situlah yang tak terbaca oleh analytic tools. Sehingga, disebut dark social.

ANALISIS DUNIA DIGITAL 2017 (wearesocial)

Terjemahan Gambar (terjemah by Ayu Naya Nobella) :
Lebih dari 50℅ populasi manusia di dunia telah melek online, termasuk milyaran orang yang sudah menggunakan social platform. Maka dari itu, sudah sangat jelas mengapa setiap brand wajib untuk menggunakan platform digital baik berupa sosial media maupun web sebagai senjata utamanya.

Kini, prioritas utama dari pemasaran adalah “Bagaimana mengintegrasikan digital marketing dengan social thinking (apa yang ada di benak konsumen) ke dalam segala langkah strategi perusahaan Anda.

Tidak hanya sekedar fokus pada barang dan jasa saja, namun juga fokus pada komunikasi digital yang lebih menarik (copywriting), penyesuaian harga, sistem distribusi, dan strategi inovasi yang juga memiliki dampak besar bagi merek Anda, terutama di dunia yang semakin terhubung ini.

Hal yang harus di pelajari oleh para pemasar adalah:

CONTEXTUAL REACH

Website, platform, dan aplikasi apa saja yang digunakan oleh konsumen Anda? Manakah yang paling relevan dan mendukung aktifitas merek Anda?

ENGAGEMENT

Apa yang memotivasi pelanggan Anda untuk menggunakan fasilitas digital yang telah dIsebutkan pada poin pertama tadi? Bagaimana sebaiknya Anda menggunakan fasilitas digital tersebut untuk menyampaikan informasi, mengedukasi, atau menghibur konsumen, dan memberikan manfaat untuk hidup mereka?

CONVERSION

Bagaimana cara Anda memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh e-commerce dan penjualan di sosial media untuk membantu konsumen anda mendapatkan 'pengalaman berbelanja', dan menikmati keunggulan produk anda tak peduli siapapun dan apapun yang mereka mau?

# RESUME

Online bukan tren, tapi masa depan.
Internet mengalahkan TV (konven).
Socmed adalah spot promosi yang paling potensial, apalagi di mobile.
Facebook ‘masih’ menjadi alat iklan tercanggih.
Usia produktif target pasar di facebook adalah 18 - 34 tahun.
Video adalah tren beriklan.
Retail online di Indo, masih dibawah 2% dari total belanja retail,
dengan pertumbuhannya sekitar 20 - 40 persen pertahun.
Dark Social (chat), berperan menaikkan viral dan konversi tak terukur (analytic).
Waspada dengan pembacaan data yang tak akurat, karena adanya trafik dari DARK SOCIAL (lihat 2 gambar terakhir). Edukasi dan arahkan order ke toko online Anda, karena socmed dan chat hanyalah stan pameran, yang akan berganti musim.
# WHAT TO DO?
PRODUK; digitalkan atau dibuat 'unit satuan online', agar bisa diorder online.
PROMOSI; membidik pasar netizen, melalui socmed, web, social chat, terutama di smart phone.
PRICING; mencari solusi biaya murah, bahkan ‘gratis’, agar bisa dikonsumsi lebih luas.
PLACE, sebisa mungkin bisa dikirimkan online.
Yuk wake up..!
sumber data: we are social
sumber tulisan : Jaya setiabudi
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon