Loading...
Merintis usaha di kota-kota besar memang lebih menantang dan membutuhkan kegigihan. Tak hanya bersaing dengan pemain serupa, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) juga harus bisa bertahan ditengah himpitan perusahaan-perusahaan besar. Terutama saat ini kemajuan teknologi memudahkan siapa saja untuk bersaing bebas di pasaran.
Namun demikian, meski kamu baru saja memulai usaha, jangan khawatir dan minder terlebih dahulu. Supaya tidak kalah saing dengan perusahaan besar yang lebih dulu bergelut di bidang yang sama, sebagai pelaku UKM kamu wajib melakukan beberapa trik pemasaran berikut ini.
1. Buatlah produk dengan tampilan mewah meskipun harganya relatif murah
Ketika berbelanja di supermarket dengan banyak pilihan produk, calon pelangganmu hanya membutuhkan waktu beberapa detik sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, penting bagimu untuk membuat tampilan kemasan produk yang mewah agar produkmu tak terlihat murahan. Sebab, kesan pertama yang dilihat pelanggan jadi faktor utama yang menentukan pembelian.
2. Berani tampil beda untuk bisa bertahan melawan perusahaan besar
Jika tak bisa bersaing dari segi pendanaan, kamu bisa memanfaatkan kreativitas yang dimiliki agar bisnismu bisa tampil beda di mata calon konsumen. Untuk menarik perhatian konsumen, buatlah sesuatu yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Lakukan survey pasar untuk membandingkan produk milikmu dengan competitor. Selanjutnya, tonjolkan keunikan yang tak dimiliki oleh kompetitormu. Dengan begitu, kamu bisa menarik konsumen sebanyak mungkin.
3. Jangan bersaing matia-matian untuk segmen pasar yang salah
Maksud dari segmen pasar di sini ialah target konsumen yang akan kamu pilih. Kamu bisa memilih segmen pasar yang paling kecil atau yang belum banyak pesaing. Hal itu dilakukan agar kamu tidak perlu mati-matian berjuang karena menjangkau segmen pasar yang salah. Contohnya seperti Aqua, dulu pendiri perusahaan minuman kemasan ini melihat belum ada pemain yang masuk ke segmen pasar minuman kemasan. Namun dengan kegigihannya, kini aqua menjadi pionir air minum kemasan yang jumlah pesaingnya semakin hari kian bertambah banyak.
4. Jalin hubungan baik dengan pelanggan
Ketika kamu sudah memiliki banyak pelanggan, jangan sia-siakan keuntungan tersebut. Pastikan selalu menjaga hubungan baik dengan setiap pelangganmu. Berikan layanan yang cepat dan tepat agar mereka tak sampai berpaling ke pemain yang lain. Sebab, pelangganmu adalah aset berharga yang bisa membantumu memenangkan persaingan pasar.
5. Aktif ikutan pameran
Jika kamu ingin produkmu sekelas dengan perusahaan besar atau ingin meningkatkan daya saing produk, sekali-kali kamu harus mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah ataupun swasta. Selain untuk memperkenalkan produkmu ke masyarakat luas, pameran juga bisa menjadi ajang untuk berkenalan langsung dengan para pesaingmu. Tentu ada banyak pengalaman dan informasi baru yang kamu dapatkan dari event pameran. Tak menutup kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan ide baru setelah bertemu dengan para kompetitor. (yani)
Sumber : http://majels.com/UKM-Wajib-Lakukan-5-Trik-Pemasaran-Ini-agar-tak-Kalah-Saing.html
loading...
Loading...
EmoticonEmoticon