Loading...
Ketika kita menguasai suatu teknik marketing sampai bisa
bikin pelanggan closing (beli), maka kita bisa jual apa saja dengan laris. Jadi
untuk yang sering tanya “saya bingung pengen jualan apa dan bagaimana caranya?”, sebenarnya
sederhana, yaitu cari tahu siapa target market anda dan kuasai teknik
berjualannya.
Kali ini admin Pengusahahaha.com akan berbagi kisah nyata
teknik berjualan telur ala alm.Bob sadino. Ada 3 Hal yang selalu jadi basic atau
patokan Alm.Bob Sadino ketika memilih sebuah bisnis, yaitu Be the First (jadilah
yang pertama), Be the best (Jadilah yang terbaik) dan terakhir Be the Different
(Jadilah yang paling beda/Unik).
![]() |
sumber gambar yukbisnis.com |
Pada bisnisnya Alm.Bob Sadino adalah Pionir atau orang yang
pertama berjualan telur untuk dikonsumsi , jadi beliau sudah menguasai aspek
yang pertama yaitu “Be The First”. Dan untuk pelayanan dan kualitasnya dalam
berjualan telur , beliau adalah yang terbaik “Be The Best”. Dan yang terakhir
beliau juga adalah pengusaha yang menggunakan teknik berjualan yang unik dan
berbeda dari yang lain yaitu “Be the Different”, nah jadi kisah yang akan
diceritakan adalah tentang teknik marketing Unik (Be the diffeernt) Alm Bob
Sadino dalam berjualan Telur, begini ceritanya...
Dahulu saat almarhum Bob Sadino berjualan telur, Beliau
memberikan Garansi kepada seluruh konsumennya, “Jika ada 1 telur saja yang
busuk, maka Beliau akan Menggantinya dengan 10 butir telur ”. Wah kalu sudah
ada jaminan seperti ini pembeli mana yang akan ragu untuk membeli.
Tetapi,Alih-alih berhati-hati terhadap telur-telur jualannya
jangan sampai ada yang busuk,Om Bob justru melakukan hal sebaliknya.Mau tau apa
yang dilakukan Om Bob ? Om bob sengaja memberikan 2 butir telur busuk kepada
seorang pembeli yang ternyata adalah Ibu-ibu yang terkenal paling cerewet dan
bawel di seantero komplek kemang.
Kalu dipikir-pikir nih Om Bob benar-benar cari perkara ya.
Udah tau itu ibu-ibu cerewet, ini malah sengaja menaruh telur busuk kedalam
belanjaannya. Yang ada malah nanti si Ibu ini akan ceria kesana kemari kalau Ia
dapat telur busuk di Kemchicks.
Jangankan ibu-ibu cerewet, Orang yang pendiam juga pasti
akan teriak kalau diberikan telur busuk. Tapi apa yang dilakukan Om Bob benar-benar
jenius.Bahkan lebih ampuh daripada pasang iklan di koran atau TV yang akan
mengeluarkan banyak biaya.
Tak perlu waktu lama Om Bob meminta maaf dan mengganti 2
butir telur yang busuk tersebut dengan 20 telur yang bagus. Setelah kejadian
itu,Melebarlah berita “Jaminan ganti 10 telur” secara viral dari mulut ke
mulut, karena jaman itu belum ada sosial media, hehe... Dua telur busuk
ditambah ibu-ibu cerewet jadilah kampanye marketing Gratis yang ampuh. Bahkan
lebih ampuh daripada pasang iklan di koran atau tv yang memakan banyak biaya.
Jika dilihat dari cerita Almarhum Bob Sadino diatas, dapat
kita simpulkan, tidak semua customer cerewet dan komplain adalah masalah yang
besar, malahan bisa kita manfaatkan untuk marketing.
loading...
Loading...
3 comments
berpikiran positif akan menghasilkan ide & energi positif jg
ya :)
dan jangan lupa terus action ...
Brilliant.. Motivation very2 good, always success!!!
EmoticonEmoticon