CARA UNTUK MEMATOK HARGA UNTUK PENJUALAN YANG LEBIH BAIK

Loading...
Harga merupakan salah satu faktor penting untuk calon pembeli dalam pengambilan keputusan untuk membeli barang, terlebih dalam situasi ekonomi saat ini. Penentuan harga yang baik adalah dimana calon pembeli tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli barang.

Seperti yang diterapkan pada produk – produk Apple di pasaran, dimana setiap ada produk baru, walaupun semahal apapun produk – produk Apple tersebut pasti akan jadi best seller. Hal ini menunjukkan bahwa harga murah bukan merupakan jaminan untuk penjualan yang baik,  jadi hal apakah yang menjadikan sebuah produk terjual dengan baik? Gunakanlah strategi – strategi pematokan harga yang salah satunya digunakan oleh Apple yaitu harga psikologis atau psychological pricing yaitu dengan menunjukkan harga yang mahal akan menunjukkan kualitas produk tersebut. 

Dalam artikel ini, akan kita bahas mengenai beberapa tips dari strategi harga psikologis yang dapat membantu Anda para penjual online untuk mematok harga dengan baik, yaitu:
1. Patoklah harga lebih murah dari opini pembeli 
Hal ini berarti bahwa Anda harus membuat produk Anda terlihat “lebih mahal” dari harga yang Anda tetapkan. Sehingga untuk dapat melakukan ini, seni fotografi akan sangat membantu untuk menunjukkan dapat menunjukkan produk Anda sebaik mungkin serta eyecatching. Ketika pelanggan melihat produk yang presentable dan terlihat mahal, maka mereka akan menebak – nebak harga produk itu dalam pikiran mereka. Contohnya apabila seorang calon pembeli menebak barang  yang ingin di belinya akan tidak lebih dari Rp.200.000,-; kemudian saat mereka melihat harga yang lebih murah dari harga yang ada dipikiran mereka, maka mereka tidak akan berpikir dua kali untuk membelinya dari toko tersebut.
2. Patoklah harga dengan akhiran 900
Dengan menggunakan angka akhir dari harga sebesar 900 kebanyakan orang akan merasa harganya lebih “murah” bahkan jika produk seharga Rp.99.900,- dibandingkan dengan Rp.100.000,- maka pelanggan akan memilih produk dengan akhiran 900, terlepas dari fakta bahwa perbedaan harga hanya Rp.100,-.
3. Patoklah harga menggunakan set/bundle 
Seperti pada menu set yang biasa Anda lihat di McDonald, dimana jarang sekali ada orang yang memesan McD secara a la carte atau satuan, walaupun dengan membeli menu set, mereka akan membayar harga total lebih besar. Bisnis – bisnis seperti McDonald ataupun KFC banyak menggunakan strategi harga ini walaupun menjual menu set akan menghasilkan laba lebih kecil dibandingkan penjulan satuan, karena dengan cara ini mereka bisa meningkatkan jumlah penjualan produk secara menyeluruh. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan perasaan puas “puas” dapat membayar lebih murah dibandingkan dengan membeli satu persatu produk dalam menu set tersebut walaupun terkadang awalnya mereka tidak ingin membeli produk lain yang ada dalam menu set tersebut.
Informasi diatas merupakan beberapa cara yang mudah dan simple untuk mendorong dan meningkatkan penjualan di toko online Anda. Namun jangan lupa selain harga setiap produk yang Anda jual, ada hal yang tidak kalah penting yaitu “total harga” yang akan Anda kirimkan ke calon pembeli setelah harga produk ditambahkan dengan ongkos kirim dan mungkin dikurangi oleh diskon yang diberikan ke pelanggan. Kesalahan dapat selalu terjadi baik disengaja maupun tidak dan kesalahan ini bisa menimbulkan masalah dengan pelanggan yang berpengaruh dengan citra toko online Anda. Sehingga untuk mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan ini.
Sumber : https://get.page365.net/365town-howtosetprices/?lang=id
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon