Loading...
Alhamdulillah, beberapa minggu terakhir ini, saya Post status dan status saya di like ribuan orang bahkan ada yg tembus Puluhan like, dikomen Ribuan orang dan dishare Puluhan Ribu orang pula.
Setelah sy amati, bisnis kita juga bisa layak cerita, layak berita, layak like, layak komen dan layak share ketika kita melalukan nya sesuai pola yg benar di social media.
Apa pola nya:
1. Kita harus memberikan kualitas yg terbaik.
Setiap huruf yg kita ketik, setiap kalimat yg kita tulis baiknya ditulis dg kualitas terbaik. Jangan nyetatus utk alay, gak jelas, curhat di wall dll. Ketika anda nyetatus gajebo, jutaan org nulis status yg sama dan mendapatkan puluhan kita dari statusnya. Sayang bgt sama wkt yg terbuang percuma
2. Semangat solusi.
Apa yg kita tulis, hendaknya meredakan dahaga org2 yg mencari solusi atas permasalahan bisnisnya. Org yg lg cari cara rekrutmen, eh ternyata di status anda ada. Org lagi cari cara menggaji karyawan, eh di status anda ada. Orang lagi cari cara maintenance reseller, eh di status anda ada. Oleh krn selalu semangat solusi, maka status anda akan Di share krn berharap org lain pun akan mendapatkan solusi atas tulisan anda.
3. Bahasa yg menyentuh hati.
Ada yg bilang, mas tulisannya bagus krn copywriting nya cakep. Kadang sy mikir, copywriting yg mana. Yg sy lakukan cuma nulis dari hati. Krn apa yg bersumber dari hati akan sampai ke hati juga. Betul? Sy gak terlalu jago utk bhs marketing yg pake USP-USPan. Pokoknya tulis aja apa yg ada di pikiran, tulis dg bahasa terbaik dan tulis dari hati terdalam. Selesai.
Ada yg bilang, mas tulisannya bagus krn copywriting nya cakep. Kadang sy mikir, copywriting yg mana. Yg sy lakukan cuma nulis dari hati. Krn apa yg bersumber dari hati akan sampai ke hati juga. Betul? Sy gak terlalu jago utk bhs marketing yg pake USP-USPan. Pokoknya tulis aja apa yg ada di pikiran, tulis dg bahasa terbaik dan tulis dari hati terdalam. Selesai.
4. Sisipkan candaan
Orang indonesia, secara umum di dunia, suka dg candaan. Budaya suka becanda ini bisa dilihat di banyak tempat. Stasiun tv yg menanyangkan acara candaan, akan ada di rating tertinggi di prime time. Ustadz yg ceramahnya jago menyisipkan candaan biasanya rame jadwalnya. Trainer yg delivery nya ajib dan selingan candaan nya keren, biasanya jadwalnya padat. Krn budaya candaan ini, maka postingan kita yg sesekali candaan bisa menarik perhatian dan interaksi. Ingat tanpa interaksi tak ada transaksi.
5. Engagement hangat
Kala itu kang Rendy bilang ke sy, "ane heran ente follower dikit koq komen rame, haha" pdhl kala itu follower baru 500an. Yg komen bisa ratusan komen. Kang rendy, follower 40ribu org, komen nya puluhan aja, hahaha, yeyeye. Krn memang sedari awal, sy membiasakan utk nyetatus dan bertanggungjawab dg komen yg masuk. Di like minimal. Klo sempat balas. Ini akan membuat engagement anda dg friendlist menjadi dekat dan hangat. Kayak udh kenal lama. Pdahal mah ktemu aja blom pernah ya, hehe
6. Posting di jam ramai
Katanya ada jam dimana org buka fesbuk. Pagi sebelum beraktivitas. Siang saat istirahat dan malam setelah pulang menjelang rehat. Status di jam ini lebih gampang diliat org, krn rata2 lagi pada online. Sy jg sudah coba koq. Apalagi klo status kita manfaat. Jangan keseringan. Makan diupload. Lagi ngantri diupload. Lagi piknik diupload. Udh eneg friendlist kita ngeliat setiap buka wall, isinya selalu status kita mulu. Udh gitu yg statusnya gak manfaat, bikin baper dan jg selfi2an mulu. Hadeuhhh
7. Minta action
Sesekali minta friendlist utk melakukan like, komen dan share. Hadiah menarik utk komen terbaik, oke juga lhooo. Cobain aja
8. Lakukan secara konsisten
Ini yg paling susah buat sebagian org. Kon--sis--ten! Krn kebanyakan semangatnya di awal aja. Klo emang beneran bisa konsisten dlm kebaikan, manfaat, solusi, yakin deh setiap hari, setiap pagi, setiap siang atau setiap malam, akan ada pasukan yg ngepo-in fesbuk kamu. Nunggu hal manfaat apa yg akan mereka dapet ketika mereka baca status kamu.
Yuk coba lakukan 8 hal ini, biar status2 kita makin viral, bisnis Dikenal dan pahala jadi optimal
Sumber : Aditya Nugroho
loading...
Loading...
EmoticonEmoticon